Langsung ke konten utama

Ketika air bersih tidak tersedia...

Palm..
Palm itu kalau di bahasa Indonesia kan yang baik dan benar adalah Palem. Palem? Yah, palem… Kenapa palem?
Palem adalah sebuah nama yang cantik yang tak ku mengerti bagaimana asal usulnya. Yang aku tahu hanya ada tulisan “KOS PALEM” di kos-kosan kami yang sangat kecil, berada di tempat yang tinggi dan mungkin tidak banyak orang yang melihat. Tragis!
Tempat dimana terkadang menjadi SURGA dan juga NERAKA bagi setiap penghuninya. Surga karena rasa solidaritas antar penghuninya begitu tinggi, juga neraka karena bapak kos yang terbilang pelit, cuek, dan aneh. Hmmm…
Ssssttt…. Hanya penghuni kos palem yang tahu hal ini!
Tahun pertama aku di sana bersama Ratna. Hanya Ratna! Berdua dalam keromantisan. Contoh peristiwa : nyuci di kamar mandi berdua dan saling memantati. Kemana-mana berdua karena takut. Kembali teringat ketika terdengar suara srek-srek dari atas (tempat cucian). Keluar kamar berdua untuk men-cek sambil membawa seblak! Ternyata yang di atas adalah mbak Erna yang sedang menjemur. Menjemur kok ya malam-malam to, mbak? Bikin cemas.
Tahun pertama terbilang sangat sepi bagi kos palm terkhusus aku dan Ratna.
Tapi tahun ke dua ini cukup rame bahkan halaman depan seperti parkiran motor ketika banyak tamu berdatangan.
Oia, lupaa…
Para perantau yang menghuni kos palem tahun ke dua ini tak lain :
- Bawah :
Lama : mbak Anas, mbak Endah, dan mbak Erna
Baru : Ayu, Juli dan Dewi
- Atas :
Lama : Ratna, mbak Mery, Ayu dan aku
Baru : Anas, Andhini, dan Retty
Inilah para jagoan kos Palem!!
jeng..jeng..
Kembali ke judulnya..
Beberapa bulan yang lalu telah terjadi badai, o tidak, cukup hujan disertai angin yang cukup kencang. Hal inilah yang membawa kesulitan bagi kami.
Karena sumurnya bermasalah, airnya menjadi secoklat susu. Sangat coklat!! Karena bercampur lumpur.
Rasanya tidak tega bila ingin mandi. Beberapa nekat mandi dengan air susu itu. Tetapi beberapa memilih untuk tidak mandi karena dipikir hanya semalam. Tapi ternyata berhari-hari!!
Sial!
Air galon bahkan aqua botol banyak berfungsi untuk kumur-kumur, cuci muka dan pipis. Tak ada air untuk mandi. Tak ada air untuk membersihkan debu yang menempel. Rasanya lengket, gerah dan nggak mau di keramaian karena nggak PD dengan bau badan. Haha..
Ketika yang lain sibuk mandi di kos sebelah, aku, Ayu, Ratna dan Retty masih enggan. Akhirnya aku dan Retty nekat mandi di pom bensin deket pasar Stan!
Di sana pun terjadi tragedi.
Kita mandi bersebelahan. Dia biasanya mandi cepet. Ku pikir dia sudah selesai dan yang mengetuk kamar mandiku dia. Aku buru-buru dan langsung keluar. Pas keluar ternyata Retty juga baru keluar. “Lhoh, kamu baru keluar.”
Retty : “Iya, kenapa?”
Aku : “Hla sing ndodoki kamar mandiku mau sopo jal??”
Bengong..
Lalu kita buru-buru.
Ternyata bapak-bapak petugas pom yang sudah sangat ingin pup( ups!maaf nggak lulus sensor). Dia langsung ke kamar mandi dengan muka yang amat sangat kasihan karena menahan sesuatu yang harus segera dikeluarkan.
Yaahhh… Ketika air kembali memutih dan bening, kami sangat amat lega. Tak ada lagi air galon untuk kumur, cuci muka dan pipis.
Kembali hidup normal…
astri
(Tinggalkan komentar jika anda bersedia…)
Terima kasih. Semoga anda terhibur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Ingin Jogja Selalu Berbudaya

Memanjakan para pengolah obyek tiga dimensi dalam medium dua dimensi di atas canvas . Bagi kubisme , romantisme dan penganut aliran lain, Parangtritis, Malioboro, pasar Beringharjo, Kantor Pos, Senisono,    Ngasem juga Vredeburg adalah surga eksplorasi imajinasi mereka. Sama halnya dengan para fotografer , engraver , penulis, orang-orang di dunia perfilman, bahkan pembuat lirik lagu. Seni, bentuk  bangunan, pakaian adat, kesamaan bahasa, ruang politik dan keberagaman agama adalah unsur budaya yang dimiliki masyarakat kota pelajar untuk mewujudkan Daerah Istimewa Yogyakarta di Pulau Jawa. Pertumbuhan perekonomian Yogyakarta atau Jogja yang meliputi sektor pariwisata, investasi, industri, koperasi dan Unit Kerja Menengah, perikanan dan kelautan, pertanian, serta kehutanan dan perkebunan diharapkan seimbang dengan kebudayaan supaya seolah-olah hidup, tidak hambar dan kelestarian budaya tetap terjaga. Bahkan kebudayaan mempunyai peranan penting sebagai sarana untuk menggerakkan pere

Barbie Cantik

Gara-gara kemarin nonton kartun barbie, sekarang jadi pengin mainan barbie lagi Walaupun aku juga sadar kok akan umurku sekarang... Hhahaha... Biarin aja... Habisnya barbienya lucu, cantik begitu... Dulu aku sempet koleksi Barbie asli pas masih kecil.. Ada yang namanya PUNSEL,soalnya mirip Rapunzel.. Ada juga yang namanya CATHRINE..hha..Maklum, namanya juga anak-anak... Satu lagi barbie casual, namanya TARA.. Tapi semua semuanya udah nggak tahu kemana, kalau nggak salah sih diminta sama ponakanku... Tinggal si TARA yang ada... Aduh aduuhhh, aku pengin beli barbie cantik lagi.. Yang kaya' RAPUNZEL...xixiixixi....

Heboh Justin Bieber ke Indonesia

Keren sekalii!!! >,< Ketika sampai di Bandara mendapat bunga dari penggemar Waahhh... Hari inisi pelantun lagu Baby itu konser di SICC, Sentul, Bogor Jawa Barat, Sabtu (23/4) malam ini. Huraiiyy huraaiiyyy.....!!!! Siapkan tiketmu!!!! Kabarnya sebanyak 10.054 tiket yang disebar sudah habis terjual. Ckckckcckkckck...... Permintaan khusus dari Justin Bieber sendiri tidak ada. Standar artis Internasional aja. Minta hotel bintang lima dan mobil yang terbagus, Mercedez Benz Indonesia yang memberi fasilitas. Remaja 17 tahun yang menjadi idola dunia itu menginjakkan kaki untuk kali pertama di Indonesia sekitar pukul 15.00 melalui pintu 2E. Dia mengenakan kaos merah muda Adidas dan celana jins belel. Topi berwarna biru nyantol di kepala. Tapi dia tidak sendiri, dia mengandeng erat tangan Selena Gomez, kekasihnya. Aduuhhh, romantisnyaaaa :') Di manapun Bieber berada selalu menjadi hysteria.