dimana X dan Y adalah koordinat spasial...

Minggu, 28 Agustus 2011

Manahan Solo

Lohalohalooo.... Gini ni kalau udah mulai kuliah, kesibukan tiada henti, menyisihkan banyak waktu untuk tugas-tugas.. haduuhh... Jadi jarang posting deh.. Kali ini aku mau posting mengenai sebuah tempat menarik di kota Solo, biar kalian pada kepengin dan berkunjung ke Solo!!^^
Walaaa........ Salah satu tempat itu adalah MANAHAN. Do you know MANAHAN? Yaahh kalau di Amerika sana mereka punya MANHATTAN, di Solo punya MANAHAN. Beda-beda tipis lah, 11 12 gitu deh..
Oke, kalau kalian belum pernah dengar, mungkin kalian tahu kalau kemarin TIMNAS Indonesia menang melawan Palestina pada pertandingan persahabatan dengan skor 4-1. Nah, pertandingan amazing itu berlangsung di MANAHAN Solo.
Manahan sendiri merupakan sebuah kelurahan di kecamatan Banjarsari, Surakarta. Nah, di kelurahan ini terdapat sebuah stadion yang juga diberi nama STADION MANAHAN. Menurut wikipedia, Stadion Manahan merupakan sebuah stadion olahraga dengan standar internasional yang dibangun di kawasan lapangan Manahan dan GOR Sasana Krida Kusuma. Untuk stadionnya sendiri mempunyai kapasitas sekitar 35000 penonton. Bisa dibayangkan seberapa luas stadionnya.
Tidak hanya itu. Manahan sendiri merupakan sarana untuk srawung ( bahasa Jawa yang artinya bersosial dengan masyarakat ) bagi WONG SOLO. Bila Minggu tiba, Manahan menjadi pasar dadakan Sunday Morning yang menjual berbagai macam jajanan, mainan anak, buah-buahan, kaset bajakan (haha..), dan masih banyak lagi. Selain itu juga digunakan sebagai sarana olahraga walaupun kini agak sepi dikarenakan ada program baru SOLO CAR FREE DAY di sepanjang jalan Slamet Riyadi.

Kalian bisa membeli PECEL NDESO khas Solo atau pun Cabuk Rambak. Juga jajanan seperti KUE LEKER, BATAGOR, SRABI, COROBIKAN dan lain-lain. Tetapi kamu juga bisa beli macem-macem kaya' ember, bantal guling, aksesoris, sabuk, dompet, topi, dan mainan-mainan lucu lainnya. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau sambil olahraga jalan-jalan.
Tak hanya MANAHAN di Minggu pagi, tetapi juga MANAHAN di malam hari. Banyak anak muda dengan geng motornya memarkir dan nongkrong di sekitar manahan. Juga banyak HIK ( Kalau di Yogya disebut ANGKRINGAN, biasanya juga disebut makanan akhir bulan bagi anak kos ) yang menjual nasi kucing ( nasi bandeng + sambal ), nasi oseng, wedang jahe, dan lauk seperti tahu, tempe, puyuh, kripik jangkrik, juga aneka sate ( sate usus, sate keong, sate telur, dll ). Hmm, yuuummmyyy..... Meskipun harganya sangat murah, tetapi rasa dan sensasinya nggak kalah.
Ada apalagi ya di MANAHAN? Jadi lupa.. Haha.. Pokoknya seru deh kalau kalian berkunjung ke Solo dan jalan-jalan ke MANAHAN Minggu pagi. Rame, menyehatkan, bergizi dan banyak tontonan. Karena kadang ada pertunjukan band di atas panggung sederhana gitu, atau juga kalau lagi beruntung ada sexy dancer (yaahh, pakai baju pink ngejreng gitu..), tapi yang pasti kalian lihat adalah pertunjukan topeng monyet yang menyayat  hati. Kasihan banget. Seru deh!! Nggak kalah sama MANHATTAN di Amerika. Let's see.... ^^

9 komentar:

  1. wahaaha.. manahan - manhattan^^ patut dicoba bwt tujuan liburan nih.
    Hik?? istilah wong solo lucu2 ya.. tp menurutku yang paling lucu 'oglangan'

    BalasHapus
  2. manahan!!nie stadion paling keren di Jawa Tengah!
    Beda jauh ma stadion Jatidiri,,bingung ane!mending liat persis solo daripada liat psis semarang..( maniak bola ) hehe

    BalasHapus
  3. @yan : Harus dicoba yaa..hehe.. Oglangan? Walah, peteng, grumut2 nek oglangan..hhe..

    @Arev : iya, mnrtku pemerintah daerah solo cukup baik merawatnya :D Main2 yaa ke Solo..

    BalasHapus
  4. @Astian: klw dari jogja deket ga sih?
    setuju tuh pemerintah solo emang 'baik'.
    jokowi pinter membawa solo. like jokowi! hahaha

    BalasHapus
  5. Deket dong..sejam doang..klu pk krt paling 45mnt skrg..
    Ayo kunjungi SOLO!! ^^
    Trimakasih pujian utk pak Jokowi-nya :D

    BalasHapus
  6. dari solo ya neng??rumahku jg di solo tp udh jrg plg.tinggal dmn?

    BalasHapus
  7. @poey : iy,solo..daerah gunung..hihi

    BalasHapus
  8. wah... moyang ku orang sala,,, tapi ke manahan belum pernah

    BalasHapus
  9. thn 65 ketempat sodara di sangkrah eeeh banjir trus ngrebus pissang di genteng waktu itu umurku 11 tahun.

    BalasHapus