dimana X dan Y adalah koordinat spasial...

Jumat, 22 April 2011

PASKAH

Yesus memanggul salib ke Golgota
Aye ayee!! Setelah 40 hari saya dan teman-teman yang merayakan Paskah melalui masa pra-Paskah, saatnya kita merayakan kebangkitan Tuhan Yesus. "Tuhan bangkit!! Tuhan bangkit dengan muliaa...!!!" Yaiiyy.. LOL!
Paskah sendiri adalah perayaan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, sang Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Paskah merupakan perayaan yang terpenting, festum festorum, di mana sebelumnya Tuhan Yesus merayakannya di dalam Perjamuan Malam bersama para murid-Nya. Pekan Suci adalah pekan (tujuh hari) dari yang berakhir pada Minggu Paskah. Pekan ini dimulai dari Minggu Palma, lalu dilanjutkan dengan Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, dan Malam Paskah, baru kemudian puncaknya adalah perayaan Minggu Paskah.
Selama merayakan Paskah, umat Katolik ke Gereja selama 4 hari dalam seminggu, yaitu Kamis Putih (tahun ini dirayakan kemarin, 21 April 2011) untuk merayakan Perjamuan Malam Tuhan Yesus dengan murid-muridnya, Jumat Agung yang adalah hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus
dan wafatNya di Golgota, Malam Paskah dimana kebaktian yang diadakan di kebanyakan gereja Kristen sebagai perayaan resmi pertama untuk merayakan kebangkitan Yesus dan juga Minggu Paskah dimana Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai "Anak Domba Paskah" bangkit dari antara orang mati pada hari Paskah. 

Biasanya kalau Paskah dikenal dengan adanya Telur Paskah. Apa itu Telur Paskah???

Telur Paskah berasal dari tradisi kesuburan kaum Indo-Eropa. Bagi para leluhur kita yang belum mengenal ajaran Kristiani, sungguh merupakan peristiwa yang menakjubkan menyaksikan suatu makhluk hidup yang baru muncul dari suatu obyek yang tampaknya mati. Bagi mereka, telur merupakan simbol musim semi. Di masa silam, di Persia, orang biasa saling menghadiahkan telur pada saat equinox musim semi, yang bagi mereka juga menandakan dimulainya tahun yang baru.
Telur mendapatkan makna religius, yaitu sebagai simbol makam batu darimana Kristus keluar menyongsong hidup baru melalui Kebangkitan-Nya. Selain itu ada alasan yang sangat praktis menjadikan telur sebagai tanda istimewa sukacita Paskah, yaitu karena dulu, telur merupakan salah satu makanan pantang selama Masa Prapaskah. Kaum beriman sejak awal telah mewarnai telur-telur Paskah dengan warna-warna cerah, meminta berkat atasnya, menyantapnya, serta memberikannya kepada teman dan sahabat sebagai hadiah Paskah. (dikutip di sini)

Biasanya Malam Paskah, di Gerejaku menjual lilin dan Telur Paskah. Lilin untuk pembaharuan janji babtis dan Telur untuk hadiah anak-anak. Yaiiyy.. Aku gembira Paskah datang lagi. Memang Tuhan wafat di kayu salib dan itu sangat membuat kita bersedih karena Tuhan melakukannya untuk menebus dosa manusia, tetapi ingat, Tuhan bangkit!! Tuhan bangkiitt..!! 
Tuhan, terima kasih karena Engkau telah menebus dosa umat manusia dengan wafatmu di kayu salib. SELAMAT PASKAH, teman-teman :D






glitter-graphics.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar