dimana X dan Y adalah koordinat spasial...

Sabtu, 16 April 2011

Apa itu Newbie?

Ya ampun, belakangan ini kok aku sering denger istilah “newbie” yang ditulis dengan bahasa lain, misalnya nooby, newby, newbi, nyubi, nubi, nyuubi,  dan sebangsanya di blog, milis juga forum yang saya simpulkan sendiri bahwa newbie itu tak lain menunjukkan untuk seseorang yang baru bergabung, pendatang baru di suatu forum maupun pemula. Lalu apa sebenarnya "newbie" itu?????Ternyata, menurut wikipedia, "newbie" adalah istilah  untuk pendatang baru dalam aktivitas online game atau internet dan juga untuk aktivitas lain dalam konteks suatu pendatang baru. Mempunyai arti tambahan bersifat menghina, tetapi juga sering digunakan hanya untuk tujuan deskriptif, tanpa satu penghakiman nilai. Nah looo???

Istilah umum "newbie" berarti seseorang pendatang baru pada suatu permainan (game). Kata newbie tergantung dari situasi kondisi sebagai berikut :

1. Baru dan kurang pengalaman:
Seorang pendatang baru akan mengatakan "Saya adalah newbie" untuk menjelaskan bahwa dia baru dalam suatu permainan. Kemudian seorang yang lebih profesional mungkin akan mengatakan: "Ok, ada newbie lain disini??" yang artinya menanyakan anggota / pemain lain yang belum pernah melakukan permainan sebelumnya.

2. Clueless:
Seseorang yang bergabung dalam sutu kelompok, kemudian orang tersebut melakukan kecerobohan dan mengganggu orang lain dalam kelompok itu, maka orang yang sudah profesional akan mengatakan "Anda salah satu noob (newbie)?!!!"

3. Malas membantu atau mengabaikan:
Banyak  pendatang baru mencoba untuk menutupi semua ketidaktahuannya (karena toleransi atas ketidaktahuan kepada orang lain) dengan berpura-pura mengetahui apa yang dilakukan dan berlagak menolak pertolongan dari pihak yang lebih profesional. Ketika terjadi sesuatu pada seseorang, si pendatang baru ”ngeles” dengan mengatakan "You're a ----ing noob (newbie)!!".

Hmm, setelah mendapatkan referensi di atas, maka arti newbie secara umum adalah seseorang yang baru bergabung dalam suatu hal tertentu. Bagaimana??? Apakah anda seorang "newbie"??? Ataukah seorang yang sudah ahli???

1 komentar:

  1. Um... ya kalo di Game Online banyak yang kalo pertama-tama mesti Newbie dari Ayodance, Seal Online, & di Game-game facebook lainnya...

    View My Post Wahai Pemuda Nyalakan Semangatmu | By RIsMa SMKDA

    BalasHapus