dimana X dan Y adalah koordinat spasial...

Rabu, 19 Januari 2011

Pelangi

     Pelangi pelangi.. Alangkah indahmu...
     Merah kuning hijau di langit yang biru...
     Pelukismu Agung, siapa gerangan...
     Pelangi pelangi, ciptaan Tuhan...

     Masih ingatkah kalian dengan lagu anak-anak di atas? Yah, lagu yang judulnya pelangi-pelangi itu sering diajarkan oleh guru dan orangtua ketika kita masih kecil maupun sudah duduk di bangku TK..
     Aku suka pelangi... Istilah lainnya bianglala, tapi orang lebih suka menyebutnya pelangi. Pelangi sendiri adalah cahaya dengan aneka warna yang saling sejajar yang sering muncul di langit. Mejikuhibiniu, begitu kalau menghafal urutan warna pelangi.
     Pelangi hanya dapat kita lihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan kita.
     Mudahnya, pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama. 
     Menurutku pelangi memberikan keceriaan dengan gambaran aneka warna yang ada padanya. Pelangi yang muncul sehabis hujan, bagiku menggambarkan secercah harapan yang nyata setelah masa-masa mendung yang telah terlewatkan.
     Aku suka pelangi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar